........Assalamu’alaikum Ya Ulil-Albab........
RIJAL AL-HADITS
HASIL ANALISIS SANAD DALAM HADITS

Hamdanlillah,,, kata al-mukarram dosen, tugas ini perfect :)

Nama               : Moch Ilham
NIM                : 13531179
Jurusan            : IAT-A

Hadits ke-20

ثنا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلاءِ بْنِ كُرَيْبٍ الْهَمْدَانِيُّ، وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُبَارَكِ الْمُخَرِّمِيُّ، قَالا: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنْ هِشَامٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ مَرْوَانَ، عَنْ بُسْرَةَ بِنْتِ صَفْوَانَ، أَنَّهَا سَمِعْتِ النَّبِيَّ يَقُولُ: " إِذَا مَسَّ أَحَدُكُمْ ذَكَرَهُ فَلْيَتَوَضَّأْ
Artinya: Telah memberitahukan kepada kami Muhammad bin al-‘Ula’I bin Karib al-Mahdani dan Muhammad bin ‘Abdillah bin al-Mubarak al-Mukharrimi, mereka berdua berkata : telah memberitahukan kepada kami Abu Usamah dari Hisyam dari Ayahnya dari Marwan dari Busrah binti Shafwan, bahwasanya ia pernah mendengar nabi SAW bersabda : Apabila salah satu diantara kamu menyentuh qubulnya maka hendaknya ia berwudlu. (HR. Ibnu Khuzaimah)
            Jalur Periwayat Hadits di atas sebagai berikut : Nabi → Busrah binti Shafwan → Marwan → Abu Hisyam → Hisyam → Abu Usamah → Muhammad bin ‘Abdullah bin al-Mubarak al-Mukharrimi dan Muhammad bin al-‘Ula’I bin Karib al-Mahdani → Ibnu Khuzaimah. Berikut hasil penelitian perihal Identitas dan Kredibilitas serta kritik ulama terhadap para perawi periwayat hadits di atas :

11.      Busrah binti Shafwan
Nama lengkapnya adalah Busrah binti Shafwan bin Naufal bin Asad bin ‘Abdi al- ‘Uzza bin Qusshai, beliau merupakan bibi dari Marwan bin al-Hakim sekaligus nenek dari khalifah Abdul Malik bin Marwan keturunan bani Asad dari kabilah Quraisy, masyhur dengan nama Busrah binti Shafwan al-Asadiyyah. Beliau adalah perawi hadits yang tsiqah dari kalangan sahabat.[1]
Selain berguru kepada nabi Saw beliau juga berguru kepada sahabat yang lain salah satunya adalah Zaid bin Khalid al-Jahni. Adapun murid-murid yang belajar hadits dari beliau diantaranya adalah : Sa’id bin Musayyab al-Quraisy, ‘Abdullah bin ‘Umar al-Sahmi, ‘Urwah bin Zubair al-Asadi, Marwan bin al-Hakim al-Quraisy, Muhammad bin ‘Abdillah al-Sahmi, dll.[2]


22.      Marwan
Nama lengkapnya adalah Marwan bin al-Hakim bin abu al-‘Ash bin Syams bin ‘Abdi Manaf bin Qushay, masyhur dengan nama Marwan bin al-Hakim al-Quraisy. lahir pada tahun 2 H dan meniggal pada tahun 65 H.[3] Marwan lahir pada masa nabi Muhammad saw akan tetapi belum sempat menghafal hadits secara langsung dari beliau dikarenakan nabi telah wafat terlebih dahulu sedangkan umur beliau pada waktu masih sangat relatif kecil.[4]
Menurut Ibnu Hajar al-atsqalani dan adz-dzahabi beliau bukan tergolong kategori sahabat, menurut Malik bin Anas beliau dapat dijadikan sandaran (terpercaya) dan adapun menurut mayoritas ulama beliau merupakan perawi yang Shaduq.[5]  
Beliau banyak berguru kepada para ulama besar pada masanya diantaranya : Zaid bin Tsabit al-Anshari, Miswar bin Mukhzamah al-Quraisy, Sa’id bin Zaid al-Quraisy, Basrah binti Shafwan al-Asadiyah, Syu’aibah binti al-Harits al-Islamiyyah, dll. Sedangkan murid-murid yang meriwayatkan hadits darinya diantaranya : Abu Bakar bin Sulaiman al-‘Adawi, Zubair bin al-Awam al-Asadi, Sa’id bin Musayyab al-Quraisy, Ubaidillah bin ‘Abdillah al-Hadzali, ‘Urwah bin Zubair al-Asadiy, dll.[6]


33.      Abu Hisyam
            Nama lengkapnya adalah ‘Urwah bin al-Zubair bin al-Awam bin Khuwailidi bin Asad bin ‘Abdul ‘Uza bin Quushay bin Kilab, masyhur dengan nama ‘Urwah bin al-Zubair al-Asadiy. Meninggal pada tahun 94 H, Beliau merupakan Imam Alim yang sangat Masyhur di madinah, tekun, rajin beribadah, berpuasa dan shalat malam, bahkan menurut riwayat Hisyam dan Ibn Syudzab beliau selalu membaca sampai seperempat dari al-Qur’an setiap harinya.[7]
            Menurut Abu al-Hasan al-‘Ajali beliau merupakan ulama tabi’in yang shalih dan sangat Tsiqah,[8] menurut Ibnu Syihab al-Zuhriy Ilmu beliau bagai lautan, dan adapun menurut Ibn Hajar al-‘Atsqalaniy dan mayoritas ulama beliau termasuk dalam kategori perowi yang Tsiqah faqih Masyhur.[9]
            Adapun di antara guru-guru beliau adalah : Ubay bin Ka’ab al-Anshariy, Usamah bin Zaid al-Kulaiy, Anas bin Malik al-Anshariy, Marwan bin al-Hakim al-Quraisy, Muhammad Ibn Syihab al-Zuhriy, dll. Sedangkan murid-muridnya diantaranya : Abu Ja’far al-Anshariy, Abu Zaid al-Laitsiy, Hisyam bin ‘Urwah al-Asadiy, ‘Abdullah bin ‘Atha’, dll.[10]

44.   Hisyam
            Nama lengkapnya adalah Hisyam bin al-‘Urwah bin al-Zubair bin al-‘Awam bin Khuwailidi bin Asad bin ‘Abdul ‘Uzza bin Qushay bin Kilab, masyhur dengan nama Hisyam bin ‘Urwah al-Asadiy. Meninggal pada tahun 145 H.[11] Adapun menurut Ibnu Sa’id beliau merupakan ulama yang Tsiqah Tsabat dan tidak diragukan lagi kredibilitasnya, menurut Abu Hatim al-Razi beliau merupakan orang yang Tsiqah, Imam dalam bidang hadits, Sedangkan menurut mayoritas pendapat dari ulama beliau tergolong perawi yang Tsiqah-Faqih, Imam dalam bidang hadits.[12]
            Beliau belajar hadits kepada banyak ulama pada masanya diantaranya : Abu Bakar bin ‘Umar al-Anshariy, Anas bin Malik al-Anshariy, Ishaq bin ‘Abdillah al-Quraisy, ‘Urwah bin al-Zubair al-Asadiy, Abdurrahman bin Qasim al-Taimiy, dll. Adapun murid-murid yang pernah belajar kepada beliau diantaranya : Abu Bakar al-Madiniy, Ahmad bin Hanbal al-Syaibani, Himad bin ‘Usamah al-Quraisy, Zuhair bin Muhammad al-Taimiy, dll.[13]

55.   Abu Usamah
            Nama lengkapnya adalah Himad bin ‘Usamah bin Zaid, masyhur dengan panggilan Himad bin ‘Usamah al-Quraisy, beliau lahir tahun 121 H dan wafat pada tahun 201 H. Beliau merupakan Ulama besar yang diakui ke-Kredibilitasannya, menurut hanbal in Ishaq beliau merupakan ulama yang Tsiqah, yang a’lam an-nas bi umur an-nas,menurut Imam Daruqutni beliau ulama yang Tsiqah-Faqih, sedang adapun menurut Ibn Hajar al-Atsqalani dan mayoritas ulama beliau tergolong ulama yang Tsiqah Tsabat.[14]
            Semasa hidupnya beliau pernah belajar hadits kepada ulama-ulama besar diantaranya : ‘Usamah bin Zaid al-Laitsiy, Isma’il bin ‘Ulyah al-Asadiy, Hisyam bin ‘Urwah al-Asadiy, Sa’ad bin Sa’id al-Anshariy, dll. Sedangkang murid-murid yang pernah berguru kepadanya diantaranya : Ahmad bin ‘Abdullah al-Hamdaniy, Ibrahim bin Musa al-Tamimiy, Muhammad bin ‘Abdullah al-Makharrimiy, ‘Ali bin Muslum al-Thusiy, Muhammad bin al-‘Ula’I bin Karib al-Mahdani, Muhammad bin Idris al-Syafi’i.[15]

66.   Muhammad bin ‘Abdullah bin al-Mubarak al-Mukharrimiy dan Muhammad bin al-‘Ula’I bin Karib al-Mahdani

A.    Muhammad bin ‘Abdullah bin al-Mubarak al-Mukharrimiy
            Nama lengkapnya adalah Muhammad bin ‘Abdullah bin al-Mubarak, masyhur dengan panggilan Muhammad bin ‘Abdullah al-Mukharrimiy, wafat pada tahun 254 H, beliau adalah seorang hakim bijak yang hafidz, banyak mukharrij hadits yang meriwayatkan hadits darinya diantaranya : Imam Bukhari, Abu Dawud, Imam an-Nasa’I, Ibnu Khuzaimah, dll. [16]
            Menurut Imam Daruqutni beliau merupakan seorang ulama yang hafidz dan tsiqah, menurut Ibnu Qani’ beliau merupakan ulama yang Tsiqah dan Mu’taman, adapun menurut Ibnu Hajar al-Atsqalaniy dan mayoritas ulama beliau seorang yang Tsiqah,hafidz, dan terpercaya bperiwayatannya.[17]
            Pada masanya beliau menuntut ilmu kepada banyak ulama adapun di antaranya : Ishaq bin ‘Isa al-Baghdadiy, al-Aswad bin ‘Amir al-Syamiy, Himad bin ‘Usamah al-Quraisy, Husain bin Muhammad al-Tamimiy, Himad bin Usamah al-Quraisy, dll. Sedangkan murid-murid yang pernah belajar hadits darinya di antaranya : Ahmad bin Hanbal al-Syaibaniy, Abu Hatim al-Razi, Abu Dawud al-Sijistani, Ibnu Khuzaimah,  Muhammad bin Isma’il al-Bukhari, dll.[18]

B.     Muhammad bin al-‘Ula’I bin  Karib al-Mahdani
            Nama lengkapnya adalah Muhammad bin al-‘Ula’ bin Karib, masyhur dengan nama Muhammad bin al-‘Ula’ al-Mahdani. Wafat pada tahun 248.[19], banyak dari mukharrij hadits yang meriwayatkan hadits darinya di antara Imam yang enam.[20]
      Menurut Adz-Dzahabi beliau adalah seorang yang Hafidz dan Tsiqah[21], Abu Hatim al-Tamimi mengakui ke-Siqahannya dengan memasukkan nama beliau dalam kitabnya “al-Tsiqat”[22]. Sedangkan menurut mayoritas ulama mengkategorikan beliau sebagi ulama yang Tsiqah-Hafidz.
      Beliau belajar hadits dari banyak ulama di antaranya : Ahmad bin ‘Abdurrahman al-Quraisy, Ahmad bin Yunus al-Taimimiy, Himad bin ‘Usamah al-Quraisy, Ishaq bin Sulaiman al-Razi, dll. Sedangkan murid-murid yang pernah berguru kepada beliau di antaranya : Ahmad bin Hanbal al-Syaibaniy, Abu Dawud al-Sijistani, Ibnu Khuzaimah, ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman al-Darimi, dll.[23]

77.   Ibnu Khuzaimah
            Nama lengkap beliau yaitu Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah bin Mughiroh bin Shalih bin Bakar, masyhur dengan kuniyah Ibnu Khuzaimah. Beliau merupakan Imam hadits yag berdomisili di kota Naisabur dan wafat pada tahun 311 H. Beliau adalah orang tsiqqah dari golongan thabaqah ketiga belas. Adz-Dzahabi berkata bahwasannya beliau adalah seorang guru dalam agama Islam dan Imam dari para Imam.[24]
            Ibnu Khuzaimah dikenal sebagai orang yang baik, selain itu beliau dikenal sebagai orang yang berani menyampaikan kebenaran, kritik dan koreksi terutama dalam masalah hadits. Abu Ali al-Husain bin Muhammad al-Hafidz an-Naisaburi berkata: “aku belum pernah menemukan orang yang sehebat Ibnu Khuzaimah. Beliau sangat mampu menghafal hukum-hukum fiqih dari hadits nabi sebagaimana beliau menghafal al-Qur’an”.[25]
            Selama masa periwayatan dan pelawatan dalam mencari hadits beliau pernah berguru kepada banyak sekali ulama di antaranya: Abu al-Hasan at-Tirmidzi, Muhammad bin al-‘Ula’I bin Karib al-Mahdani, Ibrahim bin Isma’il, Ishaq bin Ibrahim, Muhammad bin ‘Abdullah al-Makharrimiy, Husain bin Isa, dll. Adapun Murid-murid beliau di antaranya : Abu Hamid an-Naisaburi, Abu al-Husain az-Zahid, Abu Ishaq al-Kufi, hasan bin Sufyan, dll.[26]

  
Kesimpulan
            Dari kajian sanad di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa " sanad hadis " ini memenuhi syarat keshahihan sanad; ittishal as-sanad, ‘adalatu ar-ruwah, dhabtu ar-ruwah Semua rijal yang terlibat dalam periwayatan tersebut telah terbukti mempunyai relasi sebagai guru-murid. Tidak ada seorangpun perawi yang berstatus dhaif. Serta tidak ada pula Jarh para ahli hadits yang menyatakan kecacatan para perawi dalam periwayatan hadits di atas.


[1] Abu al-Hajaj al-Muzzi, Tahdzib al-Kamal,.(Beirut: Muassasah ar-Risalah, 1980), Juz 35, hlm. 137
[2] Tahdzib al-Kamal, dalam CD Gawami’ul kaleem  versi.4.5. Al-Idarah al-‘Ammah li al-Auqaf Corp.
[3] Abu al-Hajaj al-Muzzi, Tahdzib al-Kamal,.(Beirut: Muassasah ar-Risalah, 1980), Juz 35, hlm. 137
[4] Ahmad bin Muhammad bin Husain al-Bukhari, Rijalu Shahih al-Bukhari,. (Beirut : Dar al-Ma’rifah, 1407), Juz 2, hlm. 715
[5] Ibn Hajar al-‘Asqolani, Taqrib at- Tahdzib,. (Suriyah: Dar al-Rasyid, 1986), Juz 1, hlm. 525
[6] Tahdzib al-Kamal, dalam CD Gawami’ul kaleem  versi.4.5. Al-Idarah al-‘Ammah li al-Auqaf Corp.
[7] Muhammad bin Thahir, Tadzkirah al-Huffadz,. (Riyadh: Dar al-Shami’I, 1415), Juz 1, hlm. 62
[8] Abu al-Hasan al-‘Ajali, Ma’rifah al-Tsiqah,. (Madinah: Maktabah al-Dar, 1985)
[9] Tahdzib al-Kamal, dalam CD Gawami’ul kaleem  versi.4.5. Al-Idarah al-‘Ammah li al-Auqaf Corp.
[10] Tahdzib al-Kamal, dalam CD Gawami’ul kaleem  versi.4.5. Al-Idarah al-‘Ammah li al-Auqaf Corp.
[11] Muhammad bin Isma’il, At-Tarikh al-Kabir,. (TK: Dar al-Fikr, TT), Jus 1, hlm. 256
[12] Muhammad bin Thahir, Tadzkirah al-Huffadz,. (Riyadh: Dar al-Shami’I, 1415), Juz 1, hlm. 144
[13] Tahdzib al-Kamal, dalam CD Gawami’ul kaleem  versi.4.5. Al-Idarah al-‘Ammah li al-Auqaf Corp.
[14] Ibn Hajar al-‘Asqolani, Tahdzib at- Tahdzib,. (Beirut: Dar al-Fikr, 1984), Juz 3, hlm.3
[15] Tahdzib al-Kamal, dalam CD Gawami’ul kaleem  versi.4.5. Al-Idarah al-‘Ammah li al-Auqaf Corp.
[16] Adz-Dzahabi, Al-Kasyif,. (Jeddah: Dar al-Qiblah li al-Tsaqafah al-Islamiyyah, 1992), Juz 2, hlm. 189
[17] Abu Bakar al-Khathib al-Baghdadi, Tarikh Baghdad,. (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, TT), Juz 5, hlm. 423
[18] Tahdzib al-Kamal, dalam CD Gawami’ul kaleem  versi.4.5. Al-Idarah al-‘Ammah li al-Auqaf Corp.
[19] Muhammad bin Isma’il al-Bukhari, Al-Tarikh al-Kabir,. (TK, Dar al-Fikr, TT), Juz 1, hlm 205
[20] Adz-Dzahabi, Sairu A’lamin Nubula’, (Beirut: Muassasah al-Risalah, 1413),  juz 11, hlm. 394
[21] Adz-Dzahabi, Sairu A’lamin Nubula’, (Beirut: Muassasah al-Risalah, 1413),  juz 11, hlm. 394
[22] Abu Hatim al-Tamimi, Al-Tsiqat,. (TK, Dar al-Fikr, 1975), Juz 9, hlm. 106
[23] Tahdzib al-Kamal, dalam CD Gawami’ul kaleem  versi.4.5. Al-Idarah al-‘Ammah li al-Auqaf Corp.
[24] As-Suyuti, Thabaqat al-Huffadz, (Beirut: Dar al-Kutub al-Alamiyah, 1403 H), Juz 1, hlm. 314
[25] Dedi Nurhaedi, “Sahih Ibnu Khuzaimah” dalam Studi Kitab Hadits Muktabarah (Yogyakarta : Teras, 2003). hlm 22
[26] Tahdzib al-Kamal, dalam CD Gawami’ul kaleem  versi.4.5. Al-Idarah al-‘Ammah li al-Auqaf Corp.



Written by

0 komentar:

" Berkomentarlah dengan bijak " :)